Mengapa Perempuan Cerdas Tidak Cinta Fashion?

Setelah bertahun-tahun hardikan untuk membuat kesan yang tepat, novelis Chimamanda Ngozi Adichie wises sampai kebenaran bahwa ibu Nigeria nya telah dikenal selama ini
Sebagai seorang anak, saya suka menonton ibuku berpakaian untuk Misa. Dia melipat dan memutar dan disematkan ichafu nya sampai duduk di kepalanya seperti bunga yang besar. Dia dibungkus kain manik-manik george-berat nya, hidup dengan bordir, selalu dalam nuansa cerah merah atau ungu atau merah muda-sekitar pinggang dalam dua lapisan. Yang pertama, semakin lama sepotong, memukul pergelangan kakinya, dan yang kedua membentuk tingkat elegan tepat di bawah lutut. Blus berpayet nya menangkap cahaya dan berkilauan. Sepatu dan tas tangannya selalu cocok. Bibirnya bersinar dengan gloss. Saat ia bergerak, begitu pula aroma memabukkan Dior Poison. Aku mencintai, juga, cara dia berpakaian saya cukup pakaian kecil-gadis, kaus kaki berenda ditarik ke betis saya, rambut saya disusun dalam dua bengkak kelinci-ekor. Memori favorit saya adalah dari Minggu pagi yang cerah, berdiri di depan meja rias, ibuku menggenggam kalung di leher saya, seuntai emas halus dengan liontin ikan-bentuk, mulut ikan terbuka seolah-olah terkejut senang.

Untuk pekerjaannya sebagai administrator universitas, ibu saya juga mengenakan warna: setelan rok, gaun swingy feminin berikat di pinggang, tumit menengah-tinggi. Dia adalah bergaya, tapi dia tidak biasa. Perempuan kelas menengah Igbo lainnya juga melakukan investasi dalam bentuk emas perhiasan, sepatu yang baik, dalam penampilan. Mereka mencari penjahit terbaik untuk membuat pakaian bagi mereka dan anak-anak mereka. Jika mereka cukup beruntung untuk bepergian ke luar negeri, mereka berbelanja sebagian besar untuk pakaian dan sepatu. Mereka berbicara tentang perawatan hampir segi moral. Wanita jarang yang tampaknya tidak berpakaian dengan baik dan baik lotioned itu disukai, seolah-olah penampilannya yang karakter gagal. “Dia tidak terlihat seperti seseorang,” ibuku akan berkata.

Terkait: Apa Media konsisten Mendapat Salah Tentang Perempuan Muslim dan Hijab

Sebagai seorang remaja, saya mencari kopernya untuk puncak merenda dari tahun 1970-an. Aku mengambil celana jins tuanya ke penjahit yang mengubahnya menjadi rok mini. Saya pernah memakai dasi kakakku, diikat seperti manusia, ke pesta. Untuk ulang tahun ke-17 saya, saya merancang maxidress halter, rendah di belakang, kerah dilapisi dengan mutiara plastik. Penjahit saya, seorang pria lembut duduk di kios pasarnya, tampak bingung ketika saya menjelaskan kepadanya. Ibuku tidak selalu menyetujui pilihan pakaian ini, tapi apa yang penting baginya adalah bahwa saya membuat upaya. Kita adalah kehidupan yang relatif istimewa, tetapi untuk memperhatikan penampilan-dan terlihat seolah-olah satu-lakukan adalah suatu sifat yang melintasi kelas di Nigeria.

Terkait: Mengapa Tak Bisa Memiliki Mempertahankan Keputusan saya untuk Wear Fur?

Ketika aku meninggalkan rumah untuk menghadiri universitas di Amerika, casualness mendesak gaun khawatir saya. Aku digunakan untuk casualness dengan perawatan T-shirt disetrika renyah, jins diubah untuk paling cocok-tapi tampaknya bahwa siswa telah berguling dari tempat tidur di piyama mereka dan datang langsung ke kelas. Celana pendek musim panas yang sangat singkat mereka tampak seperti pakaian, dan bagaimana, aku bertanya-tanya, bisa orang memakai karet sandal jepit ke sekolah?

Namun, saya menyadari dengan cepat bahwa beberapa pakaian saya mungkin telah santai dipakai di kampus universitas Nigeria hanya tidak mungkin sekarang. Saya membuat sedikit perubahan untuk mengakomodasi kehidupan baru Amerika saya. Seorang pencinta gaun dan rok, aku mulai memakai lebih jins. Aku berjalan lebih sering di Amerika, jadi saya memakai sepatu hak tinggi lebih sedikit, tetapi selalu memastikan flat saya yang feminin. Saya menolak untuk mengenakan sepatu luar gym. Sekali, teman Amerika mengatakan kepada saya, “Kau overdressed.” In my top lengan pendek, celana katun, dan sandal wedge yang tinggi, aku melihat titik, terutama untuk kelas sarjana. Tapi aku tidak nyaman. Aku merasa seperti diriku.

Kehidupan menulis saya berubah itu. Singkat cerita saya telah bekerja selama bertahun-tahun akhirnya menerima baik, catatan tulisan tangan penolakan. Ini adalah kemajuan macam. Sekali, di bengkel, aku duduk dengan para penulis yang tidak dipublikasikan lainnya, diam-diam keperawatan harapan kami dan menonton penulis fakultas-diterbitkan yang tampaknya mengapung di prestasi mereka. Seorang rekan calon penulis mengatakan satu anggota fakultas, “Lihatlah gaun dan make-up! Anda tidak dapat mengambil dengan serius. “Saya pikir wanita itu tampak menarik, dan saya mengagumi keanggunan dengan yang dia berjalan di belakangnya. Tapi aku mendapati diriku dengan cepat menyetujui. Ya, memang, salah satu bisa tidak mengambil penulis ini dari tiga novel serius, karena dia mengenakan gaun cantik dan dua warna eye shadow.

Tinggalkan Balasan

