Mengukur Lemak Tubuh

Skala ini bukan satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda kelebihan berat badan. Baca bagaimana lemak tubuh diukur dan apa persentase lemak tubuh dibandingkan dengan berat total dianggap terlalu banyak.

Banyak orang yang menonton berat badan mereka – atau mencoba untuk menurunkan beberapa pound – beralih ke skala kamar mandi mereka. Tapi itu siaga akrab lama bukan satu-satunya cara untuk mengukur ukuran seseorang. Kemungkinan lain untuk dipertimbangkan adalah persentase lemak tubuh Anda.

Lemak Tubuh: Apa Apakah Bahaya?

Ketika sebagian besar dari kita mendengar kata-kata “lemak tubuh” mereka memiliki konotasi negatif segera. Namun, dalam proporsi yang tepat, lemak sebenarnya penting untuk diet dan kesehatan kita. Di masa lalu tidak begitu jauh, kemampuan untuk menyimpan lemak tubuh ekstra memungkinkan nenek moyang kita untuk bertahan hidup di masa kelaparan, ketika makanan sulit didapat. Bahkan saat ini sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh, untuk menjaga panas tubuh, dan melindungi organ tubuh dari trauma.

Masalah muncul ketika tubuh kita menyimpan terlalu banyak lemak. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kolesterol tinggi, hipertensi, intoleransi glukosa, dan resistensi insulin. Terutama berbahaya adalah lemak yang tersimpan di bagian pinggang, menciptakan apa yang sering disebut tubuh “apel berbentuk”, sebagai lawan lemak di pinggul dan paha, tubuh “berbentuk buah pir”.

“Lemak tubuh normal untuk pria adalah sekitar 8 sampai 15 persen dari total berat badan mereka dan untuk wanita sekitar 20 sampai 30 persen,” kata Caroline Apovian, MD, profesor kedokteran dan pediatri di Boston University School of Medicine dan direktur Pusat Gizi dan Manajemen Berat di Boston Medical Center.

Lemak Tubuh: Bagaimana Bisa It Be Diukur?

Ada berbagai cara untuk mengukur jumlah lemak tubuh seseorang membawa. “Cara yang paling akurat adalah ‘bawah air berat,’ yang beratnya orang di darat dan kemudian di bawah air,” kata Mary M. Flynn, PhD, RD, ahli diet kepala penelitian dan asisten profesor kedokteran di Rumah Sakit Miriam dan Brown University di Providence, RI “Tapi peralatan untuk ini sangat mahal dan tidak tersedia.”

Pilihan lain yang cukup akurat adalah Bioelectric Analisis Impedansi (BIA). BIA terdiri dari elektroda yang ditempatkan pada tangan dan kaki seseorang sementara saat ini (yang tidak dirasakan) dilewatkan melalui tubuh. Lemak memiliki sedikit air dan lebih tahan terhadap arus, sedangkan otot, yang berisi lebih banyak air, kurang tahan. Nomor yang dihasilkan dimasukkan ke dalam persamaan yang angka persentase lemak dan jaringan lemak.

Metode termudah adalah mengukur lingkar pinggang dan menentukan Indeks Massa Tubuh (BMI). Sebuah lingkar pinggang lebih dari 35 inci untuk wanita dan 40 inci untuk pria adalah memprihatinkan.

Warnet BMI melibatkan perhitungan sedikit lebih. BMI dilakukan dengan mengalikan berat badan dalam pound oleh 703, kemudian membagi jumlahnya dengan tinggi badan Anda dalam inci dua kali. Jika hasil akhirnya kurang dari 18,5, orang tersebut adalah berat badan, 18,5-24,9 adalah normal; 25,0-29,9 kelebihan berat badan; dan lebih dari 30 adalah obesitas.

“Namun, Anda harus menyadari disclaimer ini. BMI sendiri bukan merupakan indikasi lemak tubuh, terutama pada atlet dan binaragawan. Pertumbuhan anak-anak di bawah usia 18 tahun juga harus menghindari menggunakan BMI, “kata Elizabeth Downs, RD, ahli diet klinis di Montefiore Medical Center di University Hospital untuk Albert Einstein College of Medicine di Bronx, NY

Salah satu cara terakhir untuk menentukan lemak tubuh adalah dengan menggunakan kaliper kulit untuk mengukur lemak di tempat-tempat tertentu di dalam tubuh. Namun, tidak hanya itu mudah untuk membuat kesalahan, tetapi metode ini juga tidak mengukur setiap lemak interior atau lemak yang terkandung dalam paha dan payudara wanita.

Pada akhirnya persentase lemak tubuh hanya nomor lain dalam persamaan kesehatan. Dan jika Anda tidak puas dengan hasilnya, yang dibutuhkan adalah menambahkan latihan dan mengurangi kalori untuk mendapatkannya bergerak ke arah yang benar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s